Ad Code

Responsive Advertisement

Kawal Dana Desa, Satbinmas Polres Trenggalek Gelar Pencerahan Bhabinkamtibmas

Polres Trenggalek – Bertempat di aula Rupatama Polres Trenggalek Satbinmas Polres Trenggalek menggelar kegiatan pencerahan dalam rangka peningkatan  kemampuan Bhabinkamtibmas. Selasa (29/8).

Sebanyak 107 anggota Bhabinkamtibmas dikumpulkan di aula Rupatama Polres Trenggalek untuk menerima pembekalan pencerahan kepada para anggota Kepolisian yang mendapat tugas sebagai Bhabinkamtibmas di setiap Desa. Kepada mereka diberikan pembekalan dan peningkatan kemampuan mengawal dana desa (DD).

Acara kegiatan pencerahan ini dibuka langsung oleh Wakapolres Trenggalek Kompol Andi Febrianto Ali, S.E.,mewakili Kapolres Trenggalek AKBP Donny Adityawarman, S.I.K.,M.Si.

Dalam sambutannya Kompol Andi menjelaskan sekarang ini Bhabinkamtibma juga mendapat tugas mengawal dana desa. Dimana tugas Bhabinkamtibmas mengawal perencanaan program hingga pelaksanaan program dana desa. Para Bhabinkamtibmas turut mengawal dana desa agar benar dan tepat sasaran. Ia juga berpesan  jangan sampai para Bhabinkamtibmas ikut terlibat dalam penyalahgunaan dana desa (DD)

“Jadi anggota Bhabinkamtibmas diberikan tugas mengawal dana desa untuk mencegah terjadinya penyelewengan dan sesui dengan peruntukannya “, ujar Wakapolres Trenggalek Kompol Andi Febrianto Ali

Satbinmas Polres Trenggalekj juga mengundang Nara sumber dana desa Edi Santoso, S.STP. Ia menjelaskan terkait penerimaan dana desa (DD) dan peruntukkannya. Pria yang menjabat sebagai Kabid Pemberdayaan Masyarakat di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ini menjelaskan bahwa pencairan dana desa (DD) dilakukan melalui tranfer  ke rekening desa. Artinya tidak ada uang tunai dalam proses pencairan. Dana desa sudah ditranfer 60% untuk tahap I dan untuk tahap II paling cepat bulan Agustus yang besarnya tergantung indikator di desa masing – masing. Ia juga menjelaskan sumber dana yang digunakan unntuk pemberdayan pembangunan desa.

“Semua pihak termasuk Bhabinkamtibmas perlu mengawasi dan mengingatkan terkait penggunaan dan pemanfatan dana desa”, ujar Edi Santoso

Nara sumber yang lain yaitu Kasat Reskrim AKP Sumi Andana, S.H.,M.H., memberikan pengarahan kepada anggota Bhabinkamtibmas tidak hanya fokus di dana desa saja namun juga alokasi dana desa maupun pendapatan lain karena rawan penyimpangan. Diketahui anggaran yang disalurkan ke desa memiliki angka yang cukup tinggi. Bhabinkamtibmas yang bertugas di desa dapat melakukan kemitraan serta menjalin sinergitas yang baik dengan Kepala desa agar penggunaan dana desa jika tidak tepat sasaran maka harus di ingatkan, dan jika tidak di indahkan peringatan tersebut mereka akan bertanggung jawab kepada Negara secara hukum yang berlaku

“Apabila ada gejolak tentang infrastruktur desa kita bisa lihat LPJ dulu kemudian kita cek fisik di lapangan”, ujar perwira yang pernah menjadi Kasat Narkoba Polres Probolinggo ini.

Nara sumber KBO Intelkam Iptu  Wayan Sumantra, S.H.,mewakili Kasat Intelkam yang berhalangan hadir memberi penjelasan tentang Perkap No. 01 tahun 1997 yaitu seluruh anggota Polri mempunyai peran  melakukan deteksi dini. Dengan deteksi dini yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas diharapkan akan mampu menyerap semua potensi permasalahan di pedesaan, baik itu masalah keamanan dan ketertiban maupun penggunaan anggaran desa.

“Bhabinkamtibmas bisa menyerap informasi terkait oknum yang berpotensi melakukan penyelewengan”, ujar perwira yang berasal dari Bali ini.

Sementara Kasat Binmas Polres Trenggalek AKP Suyono, S.H.,M.Hum., mengatakan dengan pemberian pencerahan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Bhabinkamtibmas di Desa karena para Bhabinkamtibmas mempunyai peran untuk mengawal dana desa (DD).

“Tujuan di gelar giat pencerahan ini dalam rangka meningkatkan kemampuan Bhabinkamtibmas untuk menindak lanjuti perintah Presiden kepada Kapolri di teruskan ke tingkat Polres untuk sosialisasi dalam mengawal penggunaan dana desa”, ujar perwira yang menjabat sebagai Kasat Binmas Polres Trenggalek ini. (dev).

The post Kawal Dana Desa, Satbinmas Polres Trenggalek Gelar Pencerahan Bhabinkamtibmas appeared first on HALO DUNIA.



from HALO DUNIA http://ift.tt/2voxfFE
via IFTTT

Post a Comment

0 Comments

Close Menu